Monday, June 25, 2012

Student Visit Duta TSC Makassar 2012


Klik untuk memperbesar

Rabu, 20 Juni 2012

Telkomsel Telecommunication Center (TCC) 2 Sudiang

Pagi itu, 1 menit setelah sampai didepan Graha Pena langsung saja masuk di mobil Telkomsel dan berangkat menuju sudiang. Ada apa ini?Okey kita flashback dulu. Sebelumnya waktu hari senin, sekolahku (Man 2 Model Makassar) sudah ditentukan untuk Student Visit di Graha Pena terlebih dahulu. Lanjut cerita ternyata ada perubahan schedule. Siapa yang datang lebih awal maka dialah yang Student Visit di Sudiang terlebih dahulu. Iya juga sih, mengefisienkan waktu buat ga nunggu lagi mereka-mereka yang di Sudiang terlebih dahulu namun telat datang. Secara Telkomsel itu benar-benar On Time! Lanjut lagi otewee~ dan sampai juga di TTC2 Sudiang. 


Hellow.
Cukup sepi disini, beda dengan yang di Graha Pena dan Baruga Telkomsel di Pettarani. Why? Apakah terlalu jauh dari pemukinan, hmm maybe.

Ternyata udah banyak yang stay disana. Dan mobil ku tadi adalah mobil ke2 terakhir buat ke Sudiang.hmm lumayan banyak juga yang di sini karena setelah cek per cek yang di Graha Pena Cuma 17 orang berbanding jauh dengan disini, ada 40an orang. So crowd
Masuk ke sesi materi, Materi yang diberikan yaitu “The GSM World” bla..bla..bla..bla..bla..bla..





Setelah materi, kami pun dibagi menjadi 3 kelompok buat tour ke setiap lantai yang ada di Gedung ini. Kebetulan saya ada di kelompok 2. 
Skip!
Kelompok 2 terlebih dahulu mengunjungi lt.2. Ruangan pertama yang dikunjungi yaitu ruangan kak Jawa*maaflupanamanyaT_T . Disini dijelaskan tentang jaringan telekomunikasi, semacam pengulangan dari materi awal namun di ruangan ini kami diperlihatkan alatnya secara langsung, meskipun tidak semua namun lumayan jelaslah.


Lanjut, kelompok 2 menuju lt.4. Ketemu kelompok lain, kata mereka “ deh haha kulkas!” a? Kulkas? Apakah? Dinginkah? Ada makanan isinya kah? Ato apakah?*prett

Lanjut masuk di ruangan kulkas*eh Ruangan alat-alat nya seperti SSS,BSS,NSS,Trau,BTS,MSC,BSC,DSBß yg terakhir bukan alat yaah. Dan kesan pertama ketika memasuki ruangan ini yaitu dingin mamen -..- iya beneran kulkas tapi ga sampe beku kok. Diruangan ini banyak alat-alat nya, hm mirip rak rak gitu deh.Kayak lemari juga tapi bukan kulkas! Dan di setiap ruangannya ada AC yang besar dan waw banget dinginnya. Ini bertujuan agar mesin-mesin disini tidak panas sehingga kemungkinan rusaknya minimal*sotoy deh. Begitulah kira-kira._.



Lanjut lagee..lanjut lanjut ke lantai Basement, yaitu ruangan tempat Genset (Generator Set) berada. Tau genset kan? Itu tuh energi listrik alternatif kalo Listrik Utama dari PLN mati. Kan berabe kalo lagi mati listrik semua alat-alat diatas tadi mati. Sama aja jaringan komunikasi seluruh wilayah MATI*hm padahal kan alat-alat itu harus ON 24Jam. Nah untuk mengatasi itu, ada alat yang bernamaaa “GENSET” *pake suara Doraemon*

Because "The Genset" is Sensored :p
Masuk di ruangan ini kesan pertama humppph panasss! Secara ada di lantai basement, ga ada AC, dan dindingnya dilapisi lapisan kedap suara. Karena apa? Karena suara genset ini kalo lagi beroprasi ribut banget mameen-_-

Di ruangan ini ada 2 buah Genset yang LUMAYANbesar. 1 Genset nya bisa menghabiskan 150ltr solar dalam 5jam nya ketika beroprasi. Dan genset disini sdah di setel otomatis, ketika PLN padam, Genset otomatis nyala dan sumber listrik langsung beralih ke genset ini.

yang besar itu bukan genset tapi tangki solarnya

Abis itu kembali ke room awal.
And go to Graha Pena..... 

Bunda..laperrr X(


Graha Pena, lt.5 

Call Center

Singkat cerita, setelah diantar Bunda Indri dkk ke lt.5 bagian Call Center, kami memasuki sebuah ruangan yang bernama Training Room. Di ruangan ini, calon maupun Caroline berlatih untuk bagaimana menjadi Caroline yang baik.  Setelah dijelaskan panjang lebar tentang Call Center oleh Kak SayaLupaiNamanya kami diajak untuk melihat ruangan Call Center itu sendiri secara langsung. Tentunya ada perasaan senang dan bangga dong bisa masuk di ruangan yangtaksemuaorangbisamemasukinya. 
Dimulai dari sebuah ruangan kecil rahasia *lebayjuga *taksepertiyangandabayangkan. Ruangan ini tidak terlalu luas namun tak usah disebut sempit juga. Ruangan ini bersifat rahasia dan tidak sembarangan orang yang boleh memasukinya. Dan hari itu Aku masuk :D *so? 

Di Ruangan ini terdapat data-data penyimpanan dari Call Center itu sendiri seperti rekaman seluruh percakapan antara Caroline dan Costumer. Dari yang saya tanyakan, rekaman ini sudah ada sejak tahun 2009 sejak Call Center pertama dibentuk sampai 2012 sekarang. WOW

Disebelah kanan juga terdapat ruangan kaca*tak bisa dimasuki* yang didalamnya terdapat mesin perekam dan TV dari layar CCTV dari ruangan Caroline. Melihat rekaman CCTV itu sendiri jadi semakin penasaran untuk memasuki ruangannya. Apakah akan sama dengan bayanganku? Dimana ruangan itu sangat teratur,formal,dan tentunya Tenang~*you know what I mean*

Langsung aja setelah itu kami diajak untuk melihat ruangan Call Center secara langsung. Sekalilagi, ruangan ini tidak sembarangan orang yang bisa memasukinya dan hari itu Aku masuk :D *again! *so?




Dengan mengharuskan untuk membuka alas kaki terlebih dahulu, sudah dapat dipastikan bahwa ruangan ini bersih! Dan satu lagi peraturan penting. HARAP TENANG DAN DILARANG RIBUT!*sepertinya sama saja. Setelah masuk di dalam, apa yang kubayangkan berbeda jauh dengan apa yang ada di depan mataku. Meskipun ga jauh-jauh amat sih. Tenang seperti yang kubayangkan. 
Namun sepertinya suasananya lebih ramai tak seramai ketenangan suaranya. Sesuai tema kali ini, Euro 2012, ruangan ini dipenuhi oleh hiasan dan atribut-atribut seputar Euro 2012. So Fun! Susunan mejanya pun melingkar per4 meja. Dan setiap meja mempunyai; 1 Komputer, 1 telepon, 1 headphone, 1 mouse-_-dan keyboard,dan 1 Cermin. Pertanyaannya ; kenapa harus ada cermin? Apakah mereka bisa melihat wajah costumer di telpon lewat cermin ajaib ini? Ataukah harus makeup dulu? Sepertinya bukan*yaiyalah.


Setelah bertanya sama Kak SayaLupaiNamanya, katanya cermin itu buat liat wajah mereka masing-masing*emang gitu kali gunanya cermin-_-. Maksudnya buat ngeliat wajah mereka ketika sedang menelpon (re:melayani costumer). Bagaimana jeleknya muka mereka jika emosi dan supaya bisa mengatur raut muka masing-masing. Karena, meskipun menelpon tidak saling menatap wajah, namun emosi bisa mempengaruhi raut muka dan itu tidak baik! Wowowow. Kenapa tidak baik?*tanya’ma-_-. Mengertimki itu lah :p Kan kalau mereka bisa ngeliat raut muka mereka, jika udah mulai “panas” *pancikah? 
Bisa di perbaiki gituuu :D hehe*hipotesisku


Keliling keliling mengelilingi para Caroline bersuara halus yang sedang melayani costumer itu seru! Carolinenya bukan hanya Wanita, tapi ada juga pria, yang bersuara halus :p hihi. Ohiya katanya jika mereka emosi lalu menutup telepon costumer padahal urusannya belum selesai, mereka langsung dipecat loh. Emang sih ga baik gitu. Itu tandanya mereka ga bisa mengatur emosi sendiri dan attitude nya ga baik *cielah :p





Puas keliling serta foto-foto menjadi Caroline gadungan, time’s up. It’s time to back~

Terima Kasih buat TELKOMSEL dan TSC buat Student Visit nya hari ini. Benar-benar "The Unforgettable  and Useful Moment" ! 
Love You daaah Mmmuahh! 

1 comment: